Mengenal Sejarah Ayam Ketawa

Mengenal Sejarah Ayam Ketawa

s128, s1288, sabung ayam, adu ayam, laga ayam, agen sabung ayam, s128 sabung ayam, s1288 sabung ayam

S1288 Online, Ayam Ketawa atau yang biasa kita sebut dengan nama Ayam Jantan dari timur ini merupakan ayam lokal asli dari Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Dalam bahasa bugisnya Ayam Ketawa ini disebut dengan Manu Gaga. Habitat asli dari Ayam Ketawa ini yaitu di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan sekitar 183 km arah utara dari kota Makassar. S1288 Sabung Ayam, Didaerah asalnya ayam ketawa ini biasa diternakkan didaerah Baranti, Panca Rijang, Benteng, Simpo Arasi’e dan hanya dipelihara dilingkungan keluarga saja. S1288 Adu Ayam Online, Dilihat dari segi fisik dan bentuk tubuhnya memang pada Ayam Ketawa ini hampir sama dengan ayam kampung yang pada umumnya. Keunikan pada Ayam Ketawa ini terdapat pada bagian penghujung suara kokokannya yang sangat mirip dengan orang yang sedang tertawa.

 

Sesuai dengan jenis suara kokoknya pada Ayam Ketawa ini Mempunyai tiga jenis suara yaitu:

  1. Ayam Ketawa jenis Garetek

S1288 Laga Ayam, S1288 Adu Jago Merupakan jenis suara kokokan Ayam Ketawa yang mempunyai nada intervalnya sangat cepat.

  1. Ayam Ketawa jenis Gaga

Suara Gaga ini adalah jenis suara kokokan pada Ayam Ketawa yang Mempunyai nada interval yang sedikit agak lambat.

  1. Ayam Ketawa jenis Dodo

Jenis suara Dodo pada ayam ketawa ini Mempunyai ciri khas kokoknya yang seperti mendayu-dayu

 

Tidak hanya itu saja dari jenis bulunya pun pada Ayam Ketawa dapat dibedakan dengan beberapa jenis yaitu sebagai berikut :

  1. Ayam Ketawa Bakka

Ayam Ketawa Bakka Mempunyai ciri khas dengan warna dasar pada bulunya yang sangat putih mengkilap yang didasari dengan warna hitam, oranye, merah dengan kaki hitam atau putih.

  1. Ayam Ketawa Korro

Mempunyai warna dasar hitam yang dihiasi dengan warna bulu hijau atau putih dan juga kuning mengkilap dengan kaki kuning atau hitam.

  1. Ayam Ketawa Bori Tase’

Jenis bulu dengan warna dasar bulu merah dengan hiasan bintik kuning keemasan.

  1. Ayam Ketawa Ijo Buota

Ayam Ketawa Ijo Buota Mempunyai warna dasar hijau yang dihiasi merah, yang diselingi warna hitam pada bagian sayapnya, dengan kaki yang berwarna kuning.

 

 

  1. Ayam Ketawa Cepagga

Mempunyai warna dasar bulu antara warna hitam dan merah hati, sedangkan Mempunyai mata berwarna putih. Lapping dalam bahasa bugis Mempunyai arti menampung harta, sehingga dipercaya Ayam Ketawa ini mampu menampung harta.

 

Ayam Ketawa merupakan jenis ayam hias yang Mempunyai keunikan dibagian kokoknya. Pada setiap penghujung kokoknya ayam ini mirip dengan orang yang sedang tertawa. Dibeberapa daerah di Indonesia sering diadakan kontes Ayam Ketawa.