Macam-macam Pakan Tambahan untuk Ayam Buras

Macam-macam Pakan Tambahan untuk Ayam Buras

s128, s1288, sabung ayam, adu ayam, laga ayam, agen sabung ayam, s128 sabung ayam, s1288 sabung ayam

S128,     Sebagian ayam karena tidak terbiasa kadang tidak mau jika pakan tambahan ini diberikan secara langsung. Untuk mensiasatinya, beberapa jenis dedaunan dan buah yang belum matang terutama dapat diiris atau dirajang kecil-kecil kemudian bisa dicampurkan pada dedak atau bekatul. Pada dasarnya, jenis-jenis daun dan buah yang dapat dikonsumsi manusia dapat pula diberikan pada ayam.  S1288, S128 Bandar Adu Ayam, Beberapa jenis makanan tambahan yang dapat diberikan antara lain sebagai berikut:

 Jagung

S128 Bandar Laga Ayam, Jagung memiliki nilai gizi yang baik untuk ayam namun harganya relatif lebih mahal dibandingkan bekatul. Karena itu jagung diberikan dalam jumlah yang terbatas sebagai campuran bekatul.

Nasi

S128 Taruhan Sabung Ayam  Nasi sisa semalam yang belum basi bisa dijadikan pakan tambahan buat ayam. Pemberian nasi bisa dilakukan jika ayam mengalami penurunan nafsu makan terhadap bekatul dan dijadikan sebagai campuran.

 Buah pepaya

Panen pepaya yang berlimpah seringkali menyisakan banyak buah pepaya apkir atau setengah busuk. Ayam kampung sangat menyukai buah pepaya apalagi yang matang.

 Daun Pepaya

Daun pepaya dirajang tipis-tipis dan dicampurkan ke dalam bekatul. Pemberian daun pepaya pada ayam dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

 Mentimun sisa panen

Mentimun yang telah beberapa kali dipanen akan menyisakan mentimun-mentimun kecil yang tidak laku dijual. Petani biasa membiarkan timun sisa panen ini dan membiarkannya busuk di sawah.

 Genjer

Genjer adalah gulma padi di sawah. Petani biasa mencabut dan menumpuknya di tepi sawah agar menjadi kompos.

 Wewehan (Eceng sawah)

Selain genjer, gulma sawah yang lain dapat diberikan pada ayam adalah wewehan atau eceng sawah. Eceng sawah berbeda dengan eceng gondok, batangnya tidak menggelembung.

 Eceng Gondok

Eceng gondok selain banyak digunakan untuk kerajinan atau bahan pupuk dapat juga dijadikan pakan tambahan untuk ayam.

 Sisa kulit buah dan irisan sayur

Pada dasarnya ayam adalah hewan omnivora. Selain pakan hewani, sisa-sisa kulit buah dan sayuran dapur dapat dijadikan sebagai sumber hijauan pakan ayam.

 Kiambang kecil atau Mata Iwak

Mata iwak banyak tumbuh di rawa-rawa atau di lahan padi yang digenangi air habis dibajak. Bentuknya kecil dan mengambang di permukaan air.

 Kulit Telur

Sebelum di berikan pada ayam, sebaiknya ditumbuk dulu agar kulit telur menjadi halus. Pemberiannya dapat dicampurkan pada bekatul.

 Gedebog Pisang

Gedebok pisang sisa panen dapat ditaruh dikandang untuk pakan ayam. Agar ayam tertarik untuk makan, kupas kulit batang pisang bagian luar hingga ke bagian kulit yang berwarna putih.

 Daun Pisang

Gantungkan daun pisang dan ikat agar tidak berserakan di lantai. Meskipun tidak terlalu lahap, untuk jumlah ayam yang banyak pemberian daun pisang difungsikan sebagai patukan, dapat mengurangi tingkat agresivitas agar tidak saling berkelahi sesama ayam.

 Ampas Kelapa

Berikan ampas kelapa yang masih baru jika ingin menjadikannya sebagai pakan tambahan. Ampas kelapa yang sudah basi dapat membahayakan kesehatan ayam.